Kabar Kaltara

Ops Patuh Lodaya 2020, Satlantas Polres Majalengka Berikan Masker

KABARKALTARA.COM JAWA BARAT, MAJALENGKA, – Dalam gelaran Operasi Patuh Lodaya 2020 jajaran personel Satlantas Polres Majalengka Polda Jawa Barat, bersamaan dengan...

Kabar Terbaru

Pembukaan Bulan Bakti, Bupati Ajak Masyarakat Budayakan Prinsip Nilai Hidup RT Bersih

Pembukaan Bulan Bakti, Bupati Ajak Masyarakat Budayakan Prinsip Nilai Hidup RT Bersih

Malinau- Pembukaan kegiatan Bulan Bakti RT Bersih Kabupaten Malinau Tahun 2020 berlangsung di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Selasa (14/07). Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap setahun sekali.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Padan Impung S.Pd, MM mengatakan bahwa Bulan Bakti RT Bersih tahun ini mengusung tema “Kemandirian Perilaku RT Bersih Mencegah Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Malinau”.

Sasaran dari kegiatan ini ialah RT. Dimana RT akan melakukan kegiatan mulai dari persiapan sampai pada pelaksanaan secara aktif melalui pola kerja musyawarah, penetapan kegiatan, pembentukan seksi, penetapan jadwal kegiatan selama bulan bakti dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan serta pendampingan oleh OPD.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis SK Penetapan Satuan Tugas Gerdema Kabupaten Malinau, Pelepasan Purna Bhakti ASN Masa Pensiun 2020 serta penyerahan alat mesin pertanian kepada beberapa kelompok tani.

Sementara itu, Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini bukan sekedar formalitas tetapi ada narasi yang ingin dibangun yaitu membangun Malinau melalui Gerakan Desa Membangun (Gerdema) dengan menerapkan tatanan nilai pola hidup sehat, aman, produktif.

“Hari ini kita berkomitmen bahwa RT Bersih adalah tatanan nilai hidup masyarakat Malinau. Hidup yang rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis,” ujarnya.

Seluruh bangsa di dunia lanjut Dr. Yansen, diperhadapkan pada kenyataan mengenai wabah virus Corona. Tidak terkecuali di Indonesia khususnya Malinau.

“Kita jangan takut, khawatir, karena kita punya pola hidup menghadapinya yaitu pola hidup sehat, aman, produktif dengan penerapannya bahwa di setiap rumah tangga, setiap RT dan desa menerapkan apa yang dinamakan perilaku yang rapi, tertib, bersih, sehat, indah dan harmonis di semua tatanan kehidupan,” jelasnya.

Melalui kegiatan bulan bakti ini Dr. Yansen mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan prinsip-prinsip dari nilai hidup RT Bersih itu demi kepentingan bangsa dan negara serta demi kepentingan Malinau.

“Mari kita semua bertekad, menyadari bahwa hidup hari ini sangat menentukan untuk perjalanan kita ke depan,” terangnya.

“Karena itu kita buat komitmen jalankan prinsip-prinsip pola hidup sehat, aman dan produktif itu dengan tetap menggunakan masker di manapun berada, selalu mencuci tangan atau bersih diri, kemudian jaga jarak dan konsumsi makanan yang bergizi serta menjaga lingkungan agar tetap bersih,” tuturnya.

 

FB Kominfo

 4,693 total views,  1 views today

%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas