Festival Seni Bersiap Sambut HUT Desa ke 50 Desa Wisata Setulang

Malinau, Kabarkaltara.com –
Kekayaan seni budaya Malinau memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya pagelaran IRAU Malinau yang menjadi kebanggan warganya, namun kini desa-desa juga kerap mengadakan festival seni budaya yang tidak kalah serunya.

Salah satunya adalah Desa Wisata Setulang yang bersiap menggelar festival seni dan budaya dalam rangka menyambut hari jadi desa yang ke-50.

Udau Hansicov, Kepala Desa Wisata Setulang menyebutkan bahwa festival yang akan berlangsung pada 1-3 Oktober 2018 ini adalah kali pertama diadakan di desanya.

“Festival ini perdana dilakukan dalam rangka menyambut HUT Desa Wisata Setulang yang ke-50. Dengan tujuan festival yaitu Pelestarian dan penghargaan terhadap Seni Budaya khususnya Dayak Kenyah Oma Lung yg ada di Desa Wisata Setulang. Tujuan berikutnya adalah sebagai media promosi Desa Wisata Setulang yang merupakan salah satu destinasi wisata yg ada di Kabupaten Malinau. Selain itu juga kita ingin menanamkan nilai-nilai seni dan budaya kepada generasi muda” papar Udau.

Udau menyebut, peserta festival pertama di desanya ini masih terbatas kalangan masyarakat Suku Kenyah Oma Lung yg ada di Malinau. Sedangkan dukungan dana dipenuhi dari swadaya masyarakat Desa Setulang dan sumbangan dari para donatur.

”Beberapa kegiatan dalam festival tersebut antara lain atraksi tarian masal, peresmian dan atraksi klupi (pemeras tebu tradisional), lomba olahraga tradisional, lomba masakan tradisional dan lomba tarian tradisional. Panitia juga membuat stan pameran produk lokal.”ungkap Udau.

“Untuk pembukaannya nanti kami akan undang Bapak Bupati untuk membuka secara resmi festival ini” jelas Udau. ** (red/humas Kominfo)

551 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *