Kabar Kaltara

Ops Patuh Lodaya 2020, Satlantas Polres Majalengka Berikan Masker

KABARKALTARA.COM JAWA BARAT, MAJALENGKA, – Dalam gelaran Operasi Patuh Lodaya 2020 jajaran personel Satlantas Polres Majalengka Polda Jawa Barat, bersamaan dengan...

Kabar Terbaru

Bisnis Kuliner Bisa Dijadikan Pilihan Ditengah Pandemi Covid-19

KABARKALTARA.COM, – Pandemi virus corona menekan seluruh sektor termasuk bisnis. Untuk itu, bila memutuskan membuka usaha di tengah pandemi ada hal yang wajib diperhatikan.

Seperti memilih bisnis yang dijalankan dan mengetahui apa alasan dibalik bisnis tersebut. Maksudnya, carilah bisnis yang dianggap tidak pernah mengenal krisis.

Bisnis kuliner merupakan salah satu usaha bisnis yang bisa menjadi pilihan. Sebab, ini menjadi kebutuhan dasar setiap individu.

Mengutip buku 38 Inspirasi Usaha dari beberapa referensi jenis kuliner makanan atau minuman untuk Home Industry, modal di bawah 5 Juta, Jakarta, Jumat. (10/7/2020):

1. Potensi pasar yang besar dan terus-menerus

Sebagai kebutuhan dasar yang dibutuhkan manusia, bisnis makanan mempunyai sektor pasar yang menjanjikan. Konsumsi yang dilakukan secara berulang menjadi potensi peluang pasar yang membuat permintaan dan penghasilan semakin besar.

Berbeda dengan bisnis di sektor penjualan elektronik, yang membutuhkan waktu untuk mengumpulkan uang untuk membeli produk tersebut.

2. Modal kecil

Tidak memerlukan modal besar menjadi salah satu keuntungan dalam usaha bisnis makanan, makanan yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan jumlah modal yang akan dikeluarkan, sehingga tidak terlalu memaksakan dalam hal pembiayaan, dan tentunya dapat menggunakan peralatan yang ada dirumah untuk mengurangi modal yang akan dikeluarkan.

3. Jenis yang bervariasi

Inovasi di dunia makanan saat ini sangat berkembang jauh, banyak pelaku usaha yang menjual jenis makanan yang sama. Banyaknya variasi makanan bisa mempermudah saat ingin menentukan jenis makanan yang ingin dijual, misalnya bisa makanan ringan atau berat, makanan khas daerah hingga makanan yang sedang trend di kalangan masyarakat.

4. Mudah dan praktis

Usaha ini banyak dipilih karena termasuk jenis usaha yang mudah dan praktis, pasalnya usaha ini dapat dilakukan oleh siapapun dan praktis karena dapat mempergunakan peralatan perlengkapan yang dimiliki di rumah masing-masing. Bisa dibuat siapapun bukan berarti asal dalam pengolahan ya, tentunya tetap harus mengetahui hal dasar dalam pembuatan makanan yang disajikan, dan bentuk makanan setengah jadi juga dapat dijadikan alternatif.

5. Risiko rendah

Berbeda dengan usaha yang lainnya yang menghasilkan risiko besar, jenis usaha ini justru mempunyai rendah,bagaimana tidak jika makanan yang dijual tidak laku dipasaran, makanan tersebut bisa dikonsumsi pribadi dan tidak memerlukan banyak modal seperti yang dikatakan pada point sebelumnya

Dengan catatan, alangkah lebih baiknya jika makanan segar sebaiknya dimulai dari skala produksi kecil untuk mengantisipasi jika produk tersebut tidak laku, tapi berbeda dengan produk makanan awetan, produk tersebut dapat dimulai dengan stok produk yang lebih, karena produk awetan biasanya bisa bertahan hingga beberapa minggu bahkan bulanan.

6. Menguntungkan

Dimulai dengan modal yang kecil, tapi pendapatan yang dihasilkan dari jenis usaha makanan bisa mendapatkan hasil yang cukup besar. Rata-rata keuntungan yang didapatkan dari jasa penyediaan makanan dan minuman berkisar diatas 20%, dan untuk kelas menengah yang mengutamakan kenyamanan, image, kesehatan dan faktor lainnya bisa mendapatkan keuntungan yang berkisar 40%. **

 45,637 total views,  1 views today




%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas