Rawan Banjir, Warga Desa Pasir Ayu Pasang Bronjong Secara Swadaya

MAJALENGKA, Jawa Barat –
Rawan terjadi bencana banjir, khususnya di bantaran bendungan aliran sungai Ciawi 2 Cikeuruh yang terletak di Desa Pasir Ayu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka, warga melakukan pemasangan bronjong secara swadaya.

Dengan kondisi tersebut, tentunya dapat menimbulkan dampak buruk jika tidak dilakukan pemasangan bronjong oleh warga dan perangkat desa setempat. Olehnya warga dengan sukarela di wilayah itu mengerjakan secara gotong royong jika dihitung dengan nilai biaya terbilang lumayan cukup besar.

“Pengerjaan ini murni dilakukan bersama warga secara swadaya, baik itu berupa materi ataupun tenaga yang nantinya menjadi bendungan sehingga bisa mengaliri 100 hektar sawah. Mengingat, jika tidak dilakukan pembronjongan akan berdampak erosi meluas.” kata, Sutarmo Kepala Desa Pasir Ayu. Kamis, (26/04)

Selain membutuhkan bronjong warga juga butuh jembatan, mengingat jika banjir warga yang berada di seberang sungai tidak bisa menyeberang karena belum adanya jembatan.

“Terutama di tepi sungai telah mengalami abrasi, sehingga perlu perhatian pemerintah dalam hal ini ikut untuk membangun bronjong bersama para warga.” imbuhnya. ** (Sigit)

82 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini